Keterangan Foto Monumen Pena


Monumen Pena adalah sebutan untuk bangunan yang berdiri di depan aula Gereja Kristen Jawa (GKJ) Jalan Pemuda Kebumen. Insiatif pendirian berasal dari pembicaraan ser-san (serius tapi santai) antara almarhumah Ibu Atiatoen yang saat itu bertugas selaku Staf Putri saat Markas Darurat Pelajar Pejuang Kemerdekaan dari Markas Pusat Tentara Pelajar di Tugu Kulon (sekarang jadi monument TP di Jl.Diponegoro sebelah Barat Pasar Kranggan Yogyakarta). Dengan Bapak Agustinus Reksodihardjo, teman di Tentara Pelajar (TP) Kebumen dan putra kandung Bapak Pendeta Reksodihardjo. Markas Darurat beroperasi sekitar 4 (empat) bulan: Mei – September 1947. Menempati rumah dinas kapandhitan GKJ sebagai pusat kendali dan asrama darurat di Komplek GKJ yang sekarang sebagai aula bernama Gedung Prabasanti.
Kedua mantan anggota TP itu bersepakat untuk membuat “tetenger” atau saksi bisu berupa sebuah bangunan yang oleh almarhumah Ibu Atiatoen disarankan bernama Monumen PENA pada pertengahan tahun 2000 yang lalu. Selaku putra dan generasi penerus yang cukup memahami “isi” TP, saya diminta membuat gambar rancangannya.


Bangunan di atas dapat diselesaikan dalam jangka waktu dua tahun karena kendala sediaan dana. Dari total realisasi biaya pembuatan sebesar Rp 9.717.000,- ; sumbangan anggota TP masuk Rp 2.700.000,- (terakhir dari Bapak Djokowoerjo Sastradipraja Rp 300.000,- pada  Desember 2007 dan sebagian Bantuan Dana Sosial Pemkab Kebumen yang masih dipegang oLeh Ketua: Ir. Pratiwanggono (Laporan Keuangan ada di halaman lain).

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply